Puskesmas Dringu Beri Pelayanan Kesehatan Gratis Ke Warga Terdampak Banjir

Otoritas.id | Probolinggo – Dampak banjir di Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo yang terjadi Sabtu (09/03/2024) sore kemarin membuat sebagaian warga yang terdampak banjir bandang kiriman dari dataran ini itu mengalami gejala kesehatan diantaranya Hipertensi akibat kelelahan serta gatal – gatal.

Mendapat informasi hal tersebut H+1 pasca banjir, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo melalui Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Dringu menerjunkan personilnya yang disebar ke 2 Desa terdampak banjir diantaranya Desa Kedungdalem dan Desa Dringu.

Hari ini, Selasa (12/03/2024) Puskesmas Dringu menerjunkan sejumlah 18 Petugas Kesehatan yang terbagi menjadi 9 Tim dan disebar di perkampungan terdampak banjir. Tiap tim berisikan 2 Orang Petugas Kesehatan yang berkeliling secara mobile kerumah warga.

Petugas Kesehatan, Yeni Rahmawati, Amd. Keb menjelaskan pihak Puskesmas Dringu sendiri telah turun lapangan H+1 pasca banjir di Hari minggu untuk cek pemeriksaan kesehatan gratis kepada warga terdampak.

“Pasca mendengar kabar adanya Banjir pada Sabtu Sore, ke esokan harinya kami dari Puskesmas Dringu langsung bergerak ke rumah warga untuk menyediakan layanan kesehatan gratis,” Ujarnya.

Dari data yang kami catat saat pemeriksaan, Lanjut Yeni, kebanyakan pasien yang memeriksakan kesehatanya rata – rata sudah lanjut usia dan ibu – ibu dengan berbagai macam keluhan yang disampaikan kepada petugas.

“Keluhan paling banyak yang kami terima diantaranya Gatal-gatal dan Kecapean serta sebagian warga ada yang hipertensi karena kelelahan kerja bakti dirumahnya,” sebutnya.

Sementara itu, Petugas Kesehatan lainnya, Vetri Diah A., Amd Kep menuturkan sebagian warga yang telah melakukan pemeriksaan telah diberikan obat sesuai dengan apa yang dikeluhkan kepada petugas dan telah diberikan petunjuk pemakaiannya.

“Ada sekitar 15 jenis obat dengan total sekitar 1500 lembar yang berisikan 10 tablet yang kami berikan ke masyarakat pasca menjalani skrining kesehatan. Dari 15 jenis obat tersebut yang paling sering kita berikan adalah obat salep untuk gatal serta multivitamin untuk menunjang kesehatannya,” Tutur Vetri saat memeriksa warga di RT 05 RW 02 Desa Kedungdalem.

Frisky warga Kedungdalem yang memeriksakan kesehatannya merasa sangat terbantu atas kehadiran Petugas Kesehatan dari Puskesmas Dringu. Dirinya mengeluhkan kecapean dan gatal – gatal

“Saya mengeluhkan gatal – gatal di telapak kaki, terima Kasih mbak petugas kesehatan yang telah memfasilitasi pelayanan kesehatan gratis di warga sini,” Ucap Frisky.

Senada dengan Frisky, Riris warga Dusun Siwalan Desa Kedungdalem mengutarakan hal yang sama terkait gejala yang dialami saat memeriksakan kesehatan di salah satu posko kesehatan yang didirikan di RT 05 RW 02.

“Pinggang encok, kelelahan juga. Beruntung ada Pos Pelayanan Kesehatan Gratis disini dan sudah dapat obat juga,” Sahut Riris usai menerima obat dari Petugas.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *