Bank Indonesia Layani Penukaran Uang Baru di Probolinggo

Otoritas.id | Probolinggo – Memenuhi kebutuhan pecahan uang baru menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan (KPw) Malang meluncurkan Program “Semarak Ramadhan dan Berkah Idul Fitri (SERAMBI) 2024 di 7 Kota/Kabupaten dengan pengawalan ketat Anggota Korps Brimob Polda Jawa Timur.

Dalam program tersebut, Bank Indonesia KPw Malang menyiapkan uang baru sebesar Rp. 4,69 Triliun dengan pecahan mulai dari Rp 1.000 sampai dengan Rp 20.000 yang diedarkan mulai tanggal 19 Maret hingga 4 April 2024 ke masyarakat Kota Batu, Kota Malang, Kabupaten Malang, Kota Pasuruan, Kabupaten Pasuruan, Kota Probolinggo, serta Kabupaten Probolinggo.

Kasir Bank Indonesia KPw Malang, Aji mengatakan Penukaran dapat dilakukan di pelayanan kas keliling, akan tetapi penukar wajib mendaftarkan diri terlebih dahulu melalui https://pintar.bi.go.id/ dengan menggunakan NIK E-KTP yang dapat didaftarkan H-7 hingga H-3 sebelum jadwal penukaran

Pasca melakukan pendaftaran melalui https://pintar.bi.go.id/, penukar dapat mengunduh bukti pemesanan dan dicetak yang nantinya dibawa seketika melakukan penukaran melalui Kas Keliling sesuai dengan informasi yang tertera di bukti pemesanan layanan penukaran uang rupiah.

“Di Kabupaten Probolinggo sendiri, Bank Indonesia KPw Malang telah menyiapkan 100 kuota pendaftar untuk pelayanan penukaran uang baru melalui Kas Keliling ini, dengan batas penukaran per identitas sebesar Rp 4 juta” Kata Aji disela – sela melayani penukaran uang baru di depan Alun – Alun Kota Kraksaan, Selasa (26/03/2024) pagi.

Menanggapi banyaknya masyarakat Probolinggo yang ingin menukarkan pecahan uang baru namun belum terdaftar di https://pintar.bi.go.id/, Aji menjelaskan bahwa pihak Bank Indonesia KPw Malang sudah mensosialisasikan sebelumnya melalui media pers dan juga media sosial resmi BI Malang di instagram.

“Jadi di Instagram bank_indonesia_malang sudah tersedia informasi waktu pendaftaran dan waktu penukaran. Dari informasi tersebut, juga tercantum lokasi titik mana saja yang akan dikunjungi oleh Serambi Rupiah. Selain itu, saat pembukaan beberapa hari lalu kita juga bekerja sama dengan media pers untuk menginformasikan ke masyarakat terkait penukaran uang baru ini,” Jelasnya.

Sementara itu, Marfika Kirana Erwanti (22) warga Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo merasa bersyukur dengan adanya penukaran uang baru dari Program Serambi oleh Bank Indonesia KPw Malang. Dirinya tiap tahun selalu rutin menukarkan uang baru untuk berbagi rezeki saat lebaran nantinya.

“Ya, Alhamdulillah ini dapat sepaket satu bandelan buat bagi – bagi ke keponakan saat Hari Raya Idul Fitri. Ada pecahan 1.000, 2.000, 5.000, dan 10.000. Saya hanya mengambil yang 5.000-an saja, sisanya ditukar kakak saya nanti,” Ucapnya.

Disinggung mengenai proses pendaftaran, Marfika tidak mengalami kesulitan sama sekali saat mendaftar melalui https://pintar.bi.go.id/ pada hari Sabtu (23/03/2024) lalu. Cukup dengan menggunakan NIK E-KTP, Nomor HP, dan Email Aktif serta melanjutkan pecahan nominal uang yang diinginkan.

“Intinya saat pendaftaran dibuka, harus cepat segera mendaftar karena keterbatasan kuota yang disediakan oleh Bank Indonesia. Setelah selesai mendaftar nantinya penukar menerima kode pemesanan yang dapat dicetak sendiri menggunakan printer dan ditunjukan ke Kasir Bank Indonesia Kas Keliling saat melakukan penukaran dengan membawa uang tunai sejumlah yang ditukarkan serta menunjukan E – KTP Asli,” Pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *