DKUPP Probolinggo Berikan Pelatihan Kerajinan Anyaman Tas Jali

Otoritas.id | Probolinggo – Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) Kabupaten Probolinggo memberikan pelatihan kerajinan anyaman tas jali di Pendopo Kecamatan Gending, Senin dan Selasa (8-9/7/2024).

Kegiatan ini diikuti oleh 100 orang peserta terdiri dari 50 pengurus Tim Penggerak PKK Desa dari Kecamatan Gending dan 50 pengurus Tim Penggerak PKK Desa dari Kecamatan Pajarakan. Selama kegiatan mereka dipandu narasumber IKM Ico Bag Anyaman Jali Desa Jurangjero Kecamatan Gading.

Kepala DKUPP Kabupaten Probolinggo Taufik Alami mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan wirausaha baru dan untuk pengentasan kemiskinan. “Bagaimana melalui kegiatan ini bisa menumbuhkan dan meningkatkan perekonomian masyarakat sesuai koridor kewenangan yang ada di DKUPP Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Melalui kegiatan ini, Taufik mengharapkan semoga peserta pelatihan ini dapat menerapkan ilmunya sebagai usaha menambah perekonomiannya. Peserta juga diharapkan dapat menularkan kepada masyarakat sekitar yang memang nanti tertarik.

“DKUPP siap memfasilitasi baik mulai bimbingan produksi, penguatan kapasitas SDM-nya, sarana prasarananya maupun marketingnya. Kami akan mendampingi dan membantu. Bahan bakunya nanti kita kembangkan ke bahan baku lokal. Jadi rencana saya dari kedebok pisang maupun anyaman dari rumput-rumputan dan akar-akaran sehingga potensi lokal yang ada bisa dimanfaatkan,” pungkasnya. (Fahrul)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *