Saluran Pipa Bawah Tanah Pecah, Jalan RA Kartini Cilandak Jaksel Amblas

OTORITAS.ID//Jakarta – Sebuah pipa saluran bawah tanah di Jalan RA Kartini, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan, pecah. Akibatnya jalan di atasnya pun amblas hingga kedalaman 6 meter dan lebar sekitar 20 meter.

“Di bawah itu salurannya pecah, akhirnya airnya itu kikis ke pondasi atas akhirnya tanah longsor. Enggak ada penahan pondasinya, langsung roboh ke bawah amblas gitu,” kata Kadis Bina Marga DKI Jakarta, Hari Nugroho, saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Jumat (3/3).

Selain itu, hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang mengguyur Jakarta sepekan terakhir ikut memperparah kondisinya. Menurut Hari, air hujan membuat tanah semakin tergerus.

“Tambah kena hujan, tambah mempercepat erosi tanah kan, akhirnya lapisan atas nya amblas gitu. Ada si pengaruh hujan itu, tapi pengaruh sebenernya karena saluran pecah itu,” tuturnya.

Namun Hari belum bisa memastikan apakah pecahnya saluran bawah tanah itu disebabkan oleh pergeseran tanah yang tengah rawan terjadi di kawasan Jakarta Selatan.

“Itu kan Dinas Sumber Daya Air yang tahu persis apakah pecahnya karena gorong-gorong yang sudah aus, apakah karena adanya gerakan gesekan tanah, saya enggak tahu,” lanjutnya.

Hal ini tentunya rawan mengingat Jakarta memiliki banyak saluran bawah tanah penghubung. Meski tidak ada korban, insiden ini mengakibatkan jalanan di kawasan tersebut macet.

Untuk saat ini progres perbaikan jalan sudah dalam tahap pengurugan jalan atau memperkuat pondasi dan meratakan permukaan jalan sebelum nantinya kembali diaspal.

Hari menargetkan proses perbaikan jalan ini akan rampung dalam sepekan.

(@aher/kumparan.com)

Pos terkait