UMKM Expo Majalengka Raharja 2023, Ratusan Produk Unggulan Dipamerkan

MAJALENGKA – Acara pembukaan UMKM Expo Majalengka Raharja 2023, berlangsung meriah. Acara yang digelar di Lapangan Pasar Lama Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, tersebut dimeriahkan oleh artis artis papan atas. Seperti Kang Komar Pensiun dan Ferra KDI serta artis lainnya.

Masyarakat Kabupaten Majalengka dan sekitarnya sangat antusias menyaksikan pembukaan UMKM Expo Majalengka Raharja 2022. Acara dibuka langsung oleh Bupati dan Wakil Bupati Majalengka, H Karna Sobahi- Tarsono D Mardiana, Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat, Hj. Ineu Purwadewi Sundari dan Ketua DPRD Majalengka, H. Edy Anas Djunaedi.

Bacaan Lainnya

Acara yang digelar pada Senin (26/6/2023) tersebut, turut hadir pula Sekda Majalengka, Eman Suherman, para kepala OPD, camat dan sejumlah tokoh agama, tokoh masyarakat stake holder lainnya.

Ratusan produk unggulan khas dari berbagai daerah asal kabupaten berjuluk Kota Angin ini, siap dipamerkan pada ajang UMKM Expo Majalengka Raharja 2023 yang diselenggarakan pada 26 Juni sampe 16 Juli 2013 di Lapang Pasar Lama Majalengka.

Tak hanya itu, suasana expo terlihat lebih semarak sebab dikolaborasikan dengan sejumlah pelaku usaha permainan lainnya, sampai pengisian variatif acara panggung hiburan yang telah disiapkan penyelenggara di setiap harinya sehingga mampu memunculkan kesan tersendiri.

Bupati Majalengka, H. Karna Sobahi mengatakan, bahwa gelaran expo tersebut merupakan kegiatan positif yang bisa mengungkit laju pertumbuhan pergerakan ekonomi di Majalengka.

Menurutnya, UMKM merupakan bagian salah satu tulang punggung yang mengungkit laju pertumbuhan ekonomi saat pandemi dan pasca pandemi. Oleh karena itu, maka bupati meminta kepada Kepala Dinas Ketenagakerjaan, Koperasi dan UMKM (Dinas K2UKM) agar betul-betul memfasilitasi para pelaku UMKM Majalengka.

Pertama, bupati meminta agar soal perizinannya jangan dipersulit dan lindungi produk mereka dengan status kehalalan. Selanjutnya kepada pihak bank yang ada di Majalengka berikanlah kemudahan dan keringanan bagi pelaku UMKM untuk sokongan permodalannya.

Pihaknya berupaya terus mengambil langkah dengan tetap mendorong bagaimana pelaku UMKM melakukan produksi, dan mencoba menyerap kemudian membantu pendistribusian marketingnya.

“Saya minta bimbinglah dan berikan arahan, kemudian berikan bantuan fasilitasi kepada para pelaku UMKM begitu agar betul-betul mereka bisa memaksimalkan tugas dan pekerjaannya,” ungkap Bupati Karna Sobahi di sela pembukaan UMKM Expo Majalengka.

Oleh karena itu, bupati berharap penyelenggaraan UMKM Expo Majalengka ini dapat berjalan dengan lancar, juga memunculkan seni budaya sebagai bagian lain dari hiburan masyarakat, serta kegiatan sosial lainnya juga agar betul-betul bermanfaat bagi semua.

Kepala Dinas K2UKM Majalengka, H. Arif Daryana menjelaskan, bahwa dasar penyelenggaraan UMKM Expo Majalengka mengacu pada dasar undang-undang Nomor 20 tahun 2008 tentang Usaha Mikro Kecil dan Menengah, selain itu didukung pula dengan Undang Undang Nomor 7 tahun 2014 tentang Perdagangan.

Arif mengatakan, pada dasarnya pelaksanaan kegiatan expo tersebut dimaksudkan untuk mempromosikan produk UMKM lokal di wilayah Kabupaten Majalengka dan sekitarnya.

Ia menyebut, ketentuan yang akan dicapainya antara lain menumbuhkembangkan rasa cinta produk lokal dan diharapkan dapat dikenal khalayak secara lebih luas, khususnya masyarakat Majalengka.

“Peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan ini terlibat sebanyak 110 pelaku UMKM, terdiri dari pelaku di bidang makanan dan minuman, kerajinan lukisan, anyaman bambu dan lainnya,” ungkapnya.

Kemudian, lanjutnya, ada juga oelaku usaha yang bergerak di bidang batik, fashion, produk koperasi produsen, produk dari UMKM disabilitas dan pelaku dari binaan unsur kecamatan.

Disamping itu, kata dia, didukung pula pelaku usaha lainnya, seperti wahana hiburan ada sebanyak 20 jenis, dua badan usaha perbankan serta didukung pula oleh 75 pelaku usaha lainnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *