Bahan Alami Pengontrol Asam Lambung

otoritas.id

Asam lambung yang naik merupakan kondisi umum yang dialami oleh mayoritas masyarakat urban. Hal ini dipicu oleh pola makan yang tidak teratur dan gaya hidup yang tidak sehat.

Asam lambung menjadi zat penting saluran pencernaan makanan. kebutuhan asam lambung harus normal, karena jika berlebihan akan menimbulkan rasa sakit.

Jika hal ini sudah terjadi, yang kita butuhkan adalah bahan pengontrol asam lambung naik yang aman dan alami untuk dikonsumsi. Selain itu, asam lambung naik juga tidak boleh di sepelekan agar tidak memicu GERD.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut adalah bahan alami untuk mengontrol produksi asam lambung:

1. Kunyit

Kunyit merupakan bumbu yang mudah di temukan di dapur, yang bisa membantu masalah pada lambung yang diakibatkan lebihnya cairan asam pada lambung. Hal ini dikarenakan kunyit mengandung curcuminoid yang dapat mengurangi produksi asam lambung sekaligus melindungi lapisan mukosa pada lambung.

Caranya potong cincang kunyit lalu rebus bersama dengan 1,5 gelas air hingga mendidih. Lalu, saring airnya, dan tambahkan madu agar rasanya tidak hambar. Ramuan ini bisa dikonsumsi setiap pagi hari dan malam hari, lakukan secara rutin sampai asam lambung sembuh.

2. Lada Hitam

Dikutip dari Healthline, lada hitam mengandung senyawa yang disebut dengan piperine. Senyawa ini kaya akan antioksidan yang berfungsi untuk melindungi lambung dan liver, khususnya bagi para peminum dan perokok.

3. Mentimun

Mentimun bisa mengurangi rasa sakit yang diakibatkan asam lambung naik. Apabila dikonsumsi dengan teratur, mentimun bisa mengontrol produksi asam lambung.

Caranya, kupas dan buang biji timun lalu iris tipis memanjang, timun bisa dikonsumsi 2 potong setiap 2 jam. Mentimun juga bisa dicampur dengan bahan yang juga berkhasiat meredakan keasaman lambung, seperti yoghurt, wortel, dan bawang putih mentah.

4. Lidah Buaya

Lidah buaya dikenal sebagai tumbuhan yang memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah untuk meredam inflamasi yang terjadi di lambung akibat naiknya asam lambung.

Caranya dengan membuat jus lidah buaya, dan konsumsi ketika bangun tidur atau pagi serta malam hari sebelum tidur. Lidah buaya bisa menjadi pengontrol asam lambung alami paling ampuh jika dikonsumsi dengan rutin.

5. Jahe

Bahan alami terakhir yang dapat mengontrol produksi asam lambung yaitu jahe. Sebab, jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang sangat baik, sehingga dapat membantu menetralkan asam lambung.

Cara mengontrol asam lambung naik cukup dengan mengunyah seiris jahe segar atau meminum satu sendok jus jahe dua hingga tiga kali sehari. Bisa juga merendam jahe segar di dalam secangkir air mendidih dan minum selagi hangat.

Meski kelima bahan tersebut mudah ditemukan di dapur, seseorang perlu menjaga lambung secara keseluruhan agar terhindar dari asam lambung naik. Nah, bagi yang ingin menjaga kesehatan lambung dan hati serta mengontrol asam lambung, bisa mengonsumsi Sido Muncul Natural Sari Kunyit Plus yang mengandung kunyit dan lada hitam.

Suplemen herbal produksi Sido Muncul ini diformulasikan khusus dalam bentuk mini soft capsule. Kombinasi curcuminoid dari Kunyit dan piperine yang terkandung dalam lada hitam dapat memberi efek sinergis & cepat aksi untuk membantu untuk mengatasi gangguan pencernaan seperti maag/nyeri lambung, perut nyeri, begah/kembung, mual dan muntah, juga bagus untuk memelihara kesehatan lambung dan liver.

Jika penyakit asam lambung sudah kronis dan membahayakan, segera konsultasikan ke dokter agar dapat penanganan yang tepat. Selain itu, ubahlah pola hidup menjadi lebih sehat agar terhindar dari penyakit asam lambung.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *