Bid Humas Polda Papua Raih 2 Penghargaan dalam Rakernis Humas Polri 2024

Papua – Polri menggelar Rakernis Humas tahun anggaran 2024 dengan tema “Divisi Humas Polri Siap Mendukung Stabilitas Kamtibmas yang Kondusif Dalam Proses Demokrasi Guna Percepatan Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan”. Acara ini berlangsung dari Senin, 22 April 2024 hingga Rabu, 24 April 2024 di Surabaya.

Dalam rakernis ini, seluruh Polda di Indonesia berpartisipasi untuk membahas tugas Humas Polri ke depan, serta melakukan Analisa dan Evaluasi (Anev) kinerja Bidang Humas di masing-masing Polda.

Bidang Hubungan Masyarakat (Bid Humas) Polda Papua meraih Dua penghargaan, yaitu Kategori Amplifikasi Berita Positif Polri Terbanyak Zona WIT dan Cipta Trending Topik (CTT) Zona WIT.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo, S.H., S.I.K., M.Kom, menyatakan bahwa penghargaan ini menjadi motivasi bagi seluruh personel Humas Polri untuk meningkatkan kinerja.

“Perasaan tentu senang mendapat penghargaan, tapi kami akan lebih menjadikan penghargaan ini motivasi untuk bekerja lebih baik lagi, bukan sekedar kebanggaan,” ujarnya.

Dalam kesempatannya, Kombes Pol. Benny menekankan pentingnya peran Humas Polri dalam menjaga stabilitas Kamtibmas yang kondusif dalam proses demokrasi, sejalan dengan percepatan transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

“Kepercayaan Masyarakat terhadap Institusi Polri adalah harga mati yang harus kita jaga,” tegasnya.

Kabid Humas Polda Papua juga menyoroti pentingnya kerjasama antara Humas Polri dengan komponen masyarakat dan pelaku komunikasi lainnya. Dalam menjalankan fungsi kehumasan, personel Polri harus dapat menjalin kerjasama yang baik dan menyediakan informasi yang akurat dan mudah diakses oleh masyarakat.

Ia juga mengajak media dan pegiat media untuk mendukung pemberitaan yang positif guna menciptakan suasana yang kondusif di tengah masyarakat.

Semua peserta Rakernis Humas, termasuk pejabat utama Divisi Humas Polri dan Kabid Humas dari seluruh Polda se-Indonesia, hadir dalam acara ini yang dibuka langsung oleh Kadivhumas Polri Irjen Pol Dr. H. Sandi Nugroho, S.IK., S.H., M.Hum.

Dalam kegiatan tersebut, Kadiv Humas Polri menyampaikan Direktif dan Pembulatan dengan menekankan peningkatan pemantauan terhadap isu-isu sensitive yang berpotensi menjadi gangguan kamtibmas serta meningkatkan kegiatan yang bersifat Cooling System di masa pemilu yang mampu mencegah polarisasi di tengah masyarakat.

“Tidak hanya itu, saya juga menginginkan pengoptimalan kegiatan komunikasi, koordinasi dan kolaborasi melalui Badan Koordinasi Humas (Bakohumas) yang melibatkan beberapa instansi dan komunitas terkait,” tuturnya.

Menurutnya, berdasarkan Perkap No.6 Tahun 2023 seluruh Pegawai Negeri pada Polri adalah pengemban fungsi Kehumasan sehingga mengharuskan Like, Share dan Comment pada setiap postingan akun resmi Polri dikarenakan Humas adalah salah satu pilar penting untuk membangun Kepercayaan Publik sehingga perlunya meningkatkan kompetensi Kehumasan melalui Proses Sertifikasi metode e-learning Humas Presisi (Muda, Madya, Utama).

“Selain penekanan yang telah saya sampaikan tadi, saya akan memberikan akses Palikasi Humas Presisi Sistem yang ada dalam Portal Humas kepada masing-masing Bid Humas Polda Jajaran. Sehingga dapat lebih memberikan kontribusinya dalam mengantisipasi gangguan-gangguan kamtibmas didunia nyata,” tutup Irjen Pol. Sandi Nugroho.(hp/rd)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *