Inilah Beberapa Makanan yang Bisa Buat Bagian dan Sehat

Makanan memiliki peranan penting untuk mengatur suasana hati dan perasaan kita. Bahkan ada makanan tertentu yang disebut-sebut bisa meningkatkan serotonin di otak.

Serotonin ini dikenal juga dengan hormon bahagia karena memiliki peranan penting dalam mengatur suasana hati manusia.

Jika kadar serotonin rendah, maka suasana hati menjadi tidak stabil dan mudah merasa sedih serta marah. Sebaliknya, jika kadar serotoninnya normal orang tersebut jauh lebih bahagia. Ternyata ada beberapa makanan yang bukan hanya membuat perasaan lebih bahagia, tapi juga membuat tubuh lebih sehat.

Inilah beberapa jenis makanan yang bisa membuat lebih bahagia dan sehat seperti dilansir dari cnnindonesia.com:

1. Pisang
Pisang memainkan peranan penting dalam mengatur suasana hati secara tidak langsung. Pisang mengandung vitamin B6 yang bisa digunakan untuk membuat serotonin. Zat yang dibutuhkan tubuh untuk merasa lebih bahagia.
Satu buah pisang berukuran sedang mengandung hingga 0,4 milligram vitamin B6. Ukuran ini sama saja dengan 25 persen dari asupan harian yang direkomendasikan.

2. Kelapa
Kelapa mengandung trigliserida menengah yang bisa membantu meningkatkan energi pada tubuh manusia. Energi dibutuhkan karena bisa membuat tubuh lebih bugar dan aktif bergerak. Bahkan konon santan dari kelapa juga bisa meningkatkan mood seseorang.

3. Jamur
Jamur kaya akan vitamin D. Jamur juga jadi satu-satunya makanan non-hewani dengan jumlah vitamin D yang cukup tinggi mirip dengan yang ada di produk hewani.

4. Alpukat
Sebuah penelitian pada 2020 lalu menemukan orang yang mengonsumsi lebih banyak lemak berkualitas tinggi bisa lebih bahagia. Mereka jadi jarang merasa cemas.

5. Telur
Telur adalah salah satu makanan sehat kaya protein yang baik untuk tubuh. Bukan hanya itu, kuning telur juga ternyata bisa meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik.
Kuning telur yang kaya akan kaolin ini bisa membantu mengatur suasana hati, memori, hingga kontrol otot manusia. Selain itu, telur juga kaya akan omega-3, seng, vitamin B, dan protein yang baik untuk kesehatan.

6. Rumput laut
Rumput laut bisa jadi cemilan enak yang kaya nutrisi. Yodium yang terkandung dalam rumput laut juga tergolong sehat.
Yodium ini sangat penting untuk memproduksi tiroid yang sehat yang bisa berdampak pada energi, suasana hati, dan kualitas hidup secara keseluruhan.

7. Madu
Madu mengandung senyawa yang sangat sehat, mulai dari kaempferol hingga quercetin. Keduanya diyakini bisa mengurangi peradangan dan mencegah gejala depresi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *