Makanan yang Dapat Dikonsumsi untuk Jaga Kesehatan Mata

Mata sering merasa lelah dan terkena dampak buruk karena menatap layar secara terus-menerus. Ditambah, jadwal kerja yang padat, hingga pola tidur tidak menentu juga memperburuk kondisi mata.

Untuk mengatasi masalah penglihatan, beberapa orang mungkin senang melakukan perawatan dari luar. Seperti menggunakan kacamata anti-UV, memakai kacamata pelindung anti-radiasi, mengatur pencahayaan ruangan gadget, dan melakukan peregangan mata.

Terlepas dari perawatan ini, mata juga bisa dirawat dengan mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi. Terdapat sejumlah makanan yang dapat melindungi dan meningkatkan penglihatan.

Makanan-makanan ini pun bisa dimasukkan ke dalam menu makanan harian. Dilansir dari Money Control pada, Minggu (24/9/23), berikut 5 makanan sehat yang dapat menjaga kesehatan mata:

1. Wortel

Wortel terkenal dengan manfaatnya untuk kesehatan mata. Sayuran ini kaya beta-karoten, sejenis vitamin A yang berperan penting dalam menjaga kesehatan mata.

Beta-karoten membantu melindungi permukaan mata dan dapat mengurangi risiko infeksi mata. Beta-karoten juga berkontribusi dalam produksi rhodopsin, pigmen yang membantu penglihatan dalam kondisi cahaya rendah.

Wortel bisa dikonsumsi dengan cara direbus terlebih dahulu atau diiris menjadi bagian kecil dan dicampurkan ke dalam salad. Wortel juga enak diolah menjadi jus.

2. Bayam

Bayam merupakan sayuran hijau yang bermanfaat untuk meningkatkan penglihatan mata. Bayam mengandung lutein dan zeaxanthin sebagai dua antioksidan kuat yang membantu melindungi mata dari gelombang cahaya berenergi tinggi yang berbahaya.

Antioksidan dalam bayam itu juga mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula atau pusat retina mata. Zat ini membantu mata mendeteksi kontras dengan lebih baik.

Bayam bisa dikonsumsi dengan cara direbus atau dikukus, diolah menjadi makanan yang lebih lezat, atau bahkan dijadikan jus.

3. Ikan salmon

Ikan salmon juga baik dikonsumsi untuk meningkatkan kesehatan mata. Konsumsi salmon secara teratur dapat mengurangi risiko mata kering dan degenerasi makula.

Salmon maupun ikan berlemak lainnya (fatty fish) kaya akan asam lemak omega-3, terutama kandungan DHA (docosahexaenoic acid). Kandungan DHA ini merupakan komponen penting dan dapat membantu menjaga penglihatan yang baik.

Rutin konsumsi ikan salmon juga dapat mengurangi risiko mata kering dan degenerasi makula terkait usia.

Salmon bisa dipanggang dan dipadukan dengan sayuran hingga makanan lain.

4. Telur

Konsumsi protein, seperti telur juga baik untuk kesehatan mata. Telur kaya akan vitamin B12 yang dapat mencegah masalah penglihatan terkait usia.

Telur adalah sumber dua nutrisi penting bagi mata. Di dalamnya terkandung lutein dan zeaxanthin, berupa senyawa yang melindungi mata dan menyerap sinar UV berbahaya. Nutrisi ini juga mampu menetralkan radikal bebas.

Telur bisa direbus dan dimakan secara utuh, Kamu juga bisa mengolahnya menjadi berbagai macam makanan enak, mulai dari telur dadar, telur orak-arik, dan telur omelet.

5. Jeruk

Buah citrus, seperti jeruk mengandung vitamin C yang merupakan golongan antioksidan kuat. Antioksidan ini dapat membantu mengelola jaringan ikat, salah satunya kolagen pada kornea mata.

Jeruk juga mengandung vitamin A dan karotenoid yang diyakini dapat menjaga kesehatan mata. Vitamin A pun bisa menghambat degenerasi makula yang bisa mengakibatkan kebutaan bila tidak ditangani.

Jeruk bisa langsung dimakan atau bisa diolah menjadi jus yang asam menyegarkan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *