Suhu Panas di Probolinggo, BMKG : Tetap Waspada dan Jangan Panik

Probolinggo, Matamaja Group – Berdasarkan pantauan dari operator Pusdalops PB BPBD Kota Probolinggo, mulai hari ini selasa (25/04/2023) hingga beberapa hari kedepan, suhu yang dirasakan sebagian besar masyarakat Kota Probolinggo masih terasa cukup panas dengan kisaran 29॰C hingga 31॰C.

Hal ini selaras dengan edaran Badan Meteorologi Klimatalogi dan Geofisika (BMKG) terkait perkembangan gelombang panas asia 2023.

Menurut pantauan BMKG, suhu maksimum harian tercatat mencapai 37,2॰C di stasiun pengamatan BMKG di Ciputat pada pekan lalu. meskipun secara umum suhu tertinggi yang tercatat di beberapa lokasi berada pada kisaran 34॰C – 36॰C hingga saat ini.

BMKG memastikan bahwa fenomena suhu (udara) panas yang terjadi disebagian wilayah Indonesia dan Kota Probolinggo khususnya bukan seperti Gelombang Panas yang terjadi pada sebagian besar negara-negara di Asia Selatan yang terdampak gelombang panas atau “heatwave”.

Badan Meteorologi di negara-negara Asia seperti Bangladesh, Myanmar, India, China, Thailand dan Laos telah melaporkan kejadian suhu panas lebih dari 40°C yang telah berlangsung beberapa hari belakangan dengan rekor-rekor baru suhu maksimum di wilayahnya.

Badan Meteorologi Cina (CMA) melaporkan lebih dari 100 stasiun cuaca di Cina mencatat suhu tertinggi sepanjang sejarah pengamatan instrumen untuk bulan April ini di Jepang panas yang luar biasa juga teramati dalam beberapa hari terakhir.

Kumarkhali, kota di distrik Kusthia, Bangladesh menjadi daerah terpanas dengan suhu maksimum harian yang tercatat sebesar 51,2 C pada 17 April 2023.

Secara karakteristik fenomena, suhu panas yang terjadi di wilayah Indonesia merupakan fenomena akibat dari adanya gerak semu matahari yang merupakan suatu siklus yang biasa dan terjadi setiap tahun, sehingga potensi suhu udara panas seperti ini juga dapat berulang pada periode yang sama setiap tahunnya.

lebih lanjut untuk penjelasan Gelombang Panas yang melanda dibeberapa negara didunia dapat mengakses laman Siaran Pers BMKG terkait Gelombang Panas

Pemerintah Kota Probolinggo melalui BPBD Kota Probolinggo menghimbau kepada masyarakat untuk tidak panik dan tetap waspada. Dan jika sedang bepergian diluar rumah agar memperhatikan kondisi cuaca terkini dan mempergunakan krim pelindung kulit agar tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung serta Memperbanyak minum air putih untuk mengurangi dehidrasi (kekurangan cairan).

Berdasarkan laporan petugas Pos Pelayanan PAM Ketupat Semeru 2023 di Jalan P. Sudirman Kota Probolinggo bahwasanya hingga H+3 ini Lalu lintas diseputaran Jalan Protokol Kota Probolinggo terpantau lancar, aman dan terkendali.

Sementara itu Pantauan Cuaca tampak cerah berawan dan suhu yang dirasakan berkisar antara 29॰C hingga 31॰C. (spt/mza)

Pos terkait